Langsung ke konten utama

Terungkap, Alasan Tidak Ada Apel Hari Santri Di Balaikota

Suara NU Pancoran Mas, 25/10/2017

Terungkap sudah alasan Walikota Depok tidak mengadakan Hari Santri Nasional di Balaikota Depok 22 Oktober 2017. Bukan karena tidak ada surat undangan. Bukan karena tidak ada himbauan. Bukan karena tidak ada ajakan. Bukan karena tidak ada pemberitahuan. Bukan karena adanya tidak ada informasi. Sebab, se Indonesia pun sudah tahu, bahwa tanggal 22 Oktober adalah Hari Santri Nasional. Tetapi, karena seremoni Hari Santri dalam bentuk upacara menurutnya tidak substansial (tidak penting). Substansi  hari santri menurutnya adalah bagaimana memerankan santri dan pemerintah peduli terhadap santri. "Bukan hari santrinya, untuk apa seremonial hari santri namun kita tak perduli terhadap santri". Katanya sebagaimana diberitakan Rahmat Tarmuji dalam laman Jurnal Depok.Id, 25 Oktober 2017.

Jika mengikuti alur logika berpikir Walikota Depok secara konsisten, maka dengan demikian untuk apa seremonial-seremonial hari besar nasional yang ada, untuk apa Apel Pegawai Negeri Sipil dan Aparatur Sipil Negara setiap pagi jika pemerintah tidak perduli PNS?. Untuk apa Apel Polisi dan TNI di setiap pagi, jika atasannya tidak perduli kepada kesejahteraannya?. Untuk apa Upacara HUT RI jika Pemerintah tidak perduli kepada rakyatnya?. Untuk apa upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama jika Menteri Agama tidak perduli dengan pegawainya?. Beranikah Walikota mengatakan apel-apel itu dan Upacara HUT RI itu tidak penting dan tidak substansial?.

Padahal, upacara-upacara dan seremoni-seremoni itu juga merupakan bentuk, wujud dan cara kepedulian dan solidaritas. Jika upacara saja tidak mau, jika apel saja menolak, bagaimana bisa dikatakan perduli terhadap santri, terhadap guru, terhadap TNI/Polri, terhadap rakyat, terhadap pahlawan, dll.  Substansi atau tidaknya bergantung kepada bagaimana cara dan konsep yang digunakan untuk sampai kepada substansi tersebut (lil wasa'il hukmul maqosid). Dalam upacara menaikkan bendera merah putih, secara konseptual diharapkan muncul rasa penghormatan kepada perjuangan para pahlawan dari para peserta upacara dan keinginan untuk melanjutkan perjuangan pahlawan dalam membela tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan Hari Santri Nasional adalah upaya untuk mengingatkan kembali bangsa ini kepada perjuangan para santri dalam membela tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jika tidak diperingati dan diingatkan,  maka dikhawatirkan bangsa ini lupa kepada nilai-nilai perjuangan yang telah dikobarkan oleh ulama' dan santri. Lupa bahwa NKRI sudah merupakan konsensus ulama dan para santrinya. Lupa bahwa NKRI dan Pancasila buah dari perjuangan kaum santri Indonesia. Lupa bahwa Islam di Indonesia adalah Islam yang rahmatan lil alamin dan cinta tanah airnya. Apel Hari Santri Nasional juga diharapkan menjadi syiar Islam kebangsaan di Kota Depok dan bisa mengatasi ancaman yang datang ke Depok berupa radikalisme fundamentalisme agama maupun radikalisme sekulerisme sebagaimana yang sering diingatkan oleh KH Ma'ruf Amin, Rois Am PBNU.

Apakah Bapak Walikota sudah lupa dengan peran Santri dan ingin melupakannya? Apakah syiar Islam Kebangsaan menurut Pak Walikota tidak substansial? Apakah Bapak biasa-biasa saja menghadapi ancaman ideologi wahabisme di Kota Depok. Kami hanya ingin bertanya, kenapa bisa begitu? Bukankah bapak mengaku Santri tulen? Kenapa tidak berinisiatif mengadakan Apel Hari Santri Nasional di Balaikota? Jujur saja, visi religius Depok yang dikonsep Bapak kami pertanyakan karena meremehkan hari yang dapat membangkitkan semangat religiusitas dan nasionalisme di Kota Depok!. (Tim redaksi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Majelis Burdah di At Tibyan, Abuya Junaidi Beri Ijazah Ammah Amalan Rebo Wekasan

Suara NU Panmas, 14/11/2017 Majelis Burdah yang diadakan Laskar Jausyan pimpinan Abuya KH. M. Junaidi HMS, bekerjasama dengan Ma'had At Tibyan dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Pancoran Mas Depok, baru saja berakhir malam tadi, 13/11/2017 pukul 23.16 di Ma'had At-Tibyan, Pancoran Mas, Depok P impinan Mu'allim Dr. KHM. Yusuf Hidayat, MA . Acara dimulai sejak pukul 20.00 WIB dengan pembacaan dzikir dan istighotsah untuk menjaga keutuhan NKRI. Dilanjutkan dengan pembacaaan Qasidah Burdah, sebanyak 160 bait, Mahall Qiyam, Ya Lal Wathon, Indonesia Raya lalu ditutup dengan doa dan tausiah dari Abuya Junaidi. Dalam kesempatan itu, Abuya Junaidi juga memberikan ijazah ammah amalan Rebo Wekasan (Rabu terakhir bulan safar) bagi ratusan jama'ah yang hadir. Ijazah tersebut yaitu berupa ijazah shalat lidaf'il bala' 4 rokaat dengan 2 kali salam dilakukan di waktu Dluha setelah membaca al Fatihah. Ijazah ini berdasarkan kitab Kanzun Najah Wassuruur susunan Sye

Walikota Depok Tantang Duel Baca Kitab, Muallim Yusuf Siap Meladeni

Suara NU Pancoran Mas, 26/10/2017 "Ayo jago-jagoan baca kitab boleh, tapi jangan dikaitkan dengan Hari Santri Nasional", Demikian tantangan duel baca kitab Walikota Depok, Idris Abdusshomad kepada para pihak yang mengkritiknya tidak berinisiatif mengadakan Apel Hari Santri Nasional di Balaikota Depok. Hal itu sebagaimana diberitakan Reporter Rahmat Tarmuji dalam laman Jurnal Depok.Id, 25/10/2017. Walikota Depok berang, geram, emosional dan tidak terima dengan kritik terhadap Pemkot Depok yang tidak mengadakan Apel Hari Santri Nasional di Balaikota. Apel Hari Santri Nasional akhirnya diadakan di halaman Kantor Kementerian Agama yang sempit dan membuat para peserta apel berdesakan. Para Kiai pimpinan Pondok Pesantren pun akhirnya mengeluhkan keadaan ini. Menanggapi hal itu, Pimpinan Pondok Pesantren At-Tibyan, Pancoran Mas, Kota Depok, KH. Dr. M. Yusuf Hidayat, Lc, MA yang akrab dipanggil Muallim Yusuf siap meladeni tantangan duel baca kitab. Muallim Yusuf, yang jug

Khutbah Jum'at Menyambut Robiul Awwal, Bulan Kelahiran Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ جَعَلَ الدَّعْوَةَ إِلَى الْهُدَى وَالدِّلالَةَ عَلَى الْخَيْر وَالنَّصِيْحَةَ لِلْمُسْلِمِيْنَ مِنْ أَفْضَلِ الْقُرُبَات وَأَهَمِّ الْمُهِمَّات وَأَرْفَعِ الدَّرَجَات فِي الدِّيْن وَذَالِكَ سَبِيْلُ أَنْبِيَاءِ اللهِ الْمُرْسَلِيْن وَاْلأَوْلِيَاءِ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْن وَالْعُلَمَاءِ الْعَامِلِيْنَ الرَّاسِخِيْنَ فِي الْعِلْمِ وَالْيَقِيْن.  اَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِيْن وَ أَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم الصَادِقُ الْوَعْدِ الأَمِيْن اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَ بَارِكْ وَكَرِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى ألِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ مَعَاشِرَ الْمُسْلِمين وَزُمْرَةَ المُؤْمِنِيْنَ رَحِمَكُمُ الله Pada kesempatan ini, khotib berwasiat khususnya kepada diri khotib sendiri dan umumnya kepada par